SHOOTING

Sebelum kita membicarakan praktek menembak/shooting, terlebih dahulu kita melakukan beberapa latihan tertentu, yang dapat meningkatkan tenaga dan percaya diri. Terlebih dahulu kita berlatih membentuk otot paha yang kuat, lalu baru otot badan yang tangguh. Sekumpulan otot diatas lutut sangat penting dalam memberikan bantuan tenaga yang besar pada tenaga anda. Otot-otot ini dapat diperkuat dengan latihan mengangkat sepatu yang diperberat, baik dengan cara mengangkatnya langsung, maupun dengan duduk di kursi atau meja dan meluruskan kaki. Alternatif lain adalah lari/jogging, namun kemajuan yang dicapai hanya sedikit.

Latihan dengan melompat-lompat juga bisa, dan jumlah lompatan berangsur-angsur ditambah. Anda dapat pula menaruh sekantong pasir pada kaki untuk menambah daya penahan. Berikan perhatian khusus pada tehnik menembak, barulah kemudian melakukan suatu tendangan yang khusus, seperti tendangan melengkung (Banana Shoot).

Kaki yang tidak menendang harus ditempatkan di samping bola, dan dengan lunak dilengkungkan apabila anda berancang-ancang untuk menendang bola. Pusat penglihatan anda pada bola sampai pada saat beraksi. Umumnya, orang-orang biasa akan mengangkat kepalanya, melihat kemana tendangannya berakhir, bahkan sebelum mereka menendang bola secara bersih. Dan jangan pula memulai latihan menembak dengan serta merta melepaskan tendangan sekuat tenaga anda ke gawang, tapi mulailah dengan tenang, perlahan-lahan naikkan tenaga untuk tembakan anda.

Coba anda perhatikan, bagaimana pemain-pemain sepakbola atau futsal kelas dunia sedang melakukan shooting/menembak. Seperti itulah, tips atau artikel ini saya buat. Dan dengan sedikit pengalaman saya selama ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar: