KAPAN MENENDANG DAN MENGOPER

Ketika melihat pertandingan U-12, saya melihat seorang anak menangis dan kecewa. Dia dikeluarkan oleh pelatihnya karena anak itu seharusnya mengoper bola, padahal anak itu memiliki peluang yang besar untuk membuat GOAL. Pertandingannya adalah 7 vs 7 (Mini Soccer). Jadi, apa seharusnya sang pelatih mengeluarkan dia???

Saran saya untuk semua pemain bola adalah :

Jika kamu pikir kamu dapat mencetak goal, maka kamu harus shooting bola. Saya sering melihat para pemain takut untuk shooting bola dan memberikan passing ke temannya, lebih memilih memberikan tanggung jawab kepada temannya. Atau mungkin men-dribble bola sedekat mungkin ke gawang.

Kesempatan emas jarang terjadi dalam sepakbola, maka ketika kesempatan untuk shooting datang, maka jangan ragu untuk shooting bola, dengan beberapa alasan dibawah ini :

  1. Jarang kesempatan emas datang, maka jangan buang kesempatan itu.
  2. Kamu tidak akan kesempatan yang sama. (Kalau ada, itu hanya sekitar 1 %, mungkin kurang)
  3. Jika tendangan kamu tidak masuk, maka ada kemungkinan bola rebound atau kemelut sehingga teman kamu/kamu sendiri dapat memanfaatkannya.
  4. Membuat pihak musuh merasa panik dan tertekan.

Pada kasus tertentu, kamu melihat teman kamu dalam posisi yang sempurna untuk memasukkan bola, kamu bingung untuk shooting bola apa memberikan passing. Tapi, harus diingat :

  1. Apakah operanmu akan sampai ke temanmu??
  2. Apakah temanmu siap untuk menerima bola??
  3. Apakah temanmu akan dapat mengontrol bola, sehingga memungkinkan dia untuk mengambil shooting??
  4. Apakah temanmu akan mengambil sebuah shooting??

Opini saya, jika memberitahu teman kamu untuk tidak menendang bola, maka akan membuat dia ragu dan tidak akan berani menendang. Kadang para pemain bola akan menendang bola ketika seharusnya bola itu harus dioper, khususnya saat sesi latihan. Well, lebih baik stop permainan/latihan dan bicarakan kepada semua pemain, kapan harus menendang dan mengoper.

Lebih baik menendang bola ke gawang lawan, daripada melewatkan kesempatan itu. (Khususnya seorang Striker)

Intinya :

  1. Jika kamu dapat mengambil sebuah shooting, maka shooting-lah tanpa ragu.
  2. Jika kamu tidak bisa membuat sebuah tendangan, cari posisi yang baik untuk menendang.
  3. Jika tidak dapat melakukan kedua hal tersebut, maka carilah dan oper bola ke temanmu yang berada di posisi sempurna dan bisa mengambil sebuah tendangan.

Saya sudah mencetak 14 goal dalam 5 pertandingan pada tahun kemarin, semua karena fokus saya pada setiap tendangan yang dapat saya buat dan setiap kesempatan yang ada. Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar: