Apa yang membedakan pemain bagus dan pemain hebat??? Mungkin anda berpikir, "Ah, apa bedanya, bagus dan hebat kan sama saja." Tidak apa-apa kalau anda berpikir demikian, sebab saya dulu juga berpikir demikian. Ketika orang-orang yang melihat permainan saya di sebuah turnamen, banyak dari mereka bilang ke saya kalau permainan bola saya bagus sekali dan permainan saya beda dari yang lain, apalagi waktu itu usia saya masih 18 tahun.

Dari komentar mereka, langsung saya bangga sekali dan langsung menganggap diri saya hebat. Tapi, hal itu ternyata salah. Awalnya bingung juga, ketika teman saya bilang, "Lihat video ini, di situ ada sedikit penjelasan tentang pemain bola hebat dan bagus." (Teman saya dari China)

Langsung deh saya liat video itu, ternyata video itu ada di sebuah iklan Commercial apparel sepatu. Klip video itu bilang begini, "Yang membedakan pemain hebat dan pemain bagus adalah Determinasinya daripada Tekhnik." Lalu di video itu juga ada seorang pemain sepak bola kelas dunia bilang begini, "Perbedaan pemain hebat dan pemain bagus terletak pada pikirannya, meskipun sama-sama memiliki tekhnik tingkat tinggi."

Nah, jadi deh bingungnya. Kok bisa ya?? Bukannya yang membedakan pemain bagus dan pemain hebat adalah kemampuannya untuk buat suatu perbedaan, lalu memenangi pertandingan atau sebuah kompetisi?? Kata pelatih saya itu benar sekali. Banyak pemain hebat yang bisa buat perbedaan. Contohnya Ronaldinho, Kaka', Messi, Zidane, Cristiano Ronaldo, Gerrard, Lampard, dsb.

Lalu saya bertanya pada teman saya dari China, jelasin apa maksud dari video tersebut. Ternyata dia dapat video itu dari temannya yang di Belanda dan dia akan kasih tau saya lewat e-mail, saya kira yang kirim e-mail teman saya dari China, tapi ternyata yang kirim temennya dari Belanda. So, langsung deh yang jelasin orang Belanda tersebut.

Dia bilang, "Yang membedakan adalah Pikiran dan Determinasi, kalau seorang pemain memiliki kualitas bagus, tapi dia tidak memiliki Pikiran dan Determinasi yang baik, maka dia tidak akan naik levelnya menjadi pemain yang hebat. Banyak pemain sepakbola yang bagus, dan memiliki talenta yang tinggi, rata-rata memiliki tekhnik yang sama dengan pemain-pemain dunia, tapi ada yang membedakannnya yaitu Pikiran dan Determinasinya."

Dia juga bilang kalau perbedaan pemain hebat dan bagus itu banyak sekali faktor-faktornya. Tidak hanya faktor dari dalam pemain tersebut, seperti Tekhnik, Determinasi, Pikiran, Mental, Teamwork, dsb. Tapi juga dengan prestasi dan team/klub tempat pemain bergabung.

Saya sempat berdebat sedikit dengan dia, tapi usut punya usut, temennya temen saya dari China ini (bingung ya, hehehe...) adalah seorang pemain sepakbola profesional dari salah satu klub di Eredivisie (Belanda) dan usianya baru 22 tahun. Wow, saya balas-balasan e-mail sama pemain pro dari klub Eredivisie, Belanda. Senang juga sih, hehehe....
Walaupun kalah debat, tapi saya banyak dapat pengalaman dan pengertian untuk lebih maju dalam bermain bola.



Saya akan cerita dan coba jelaskan Perbedaan pemain hebat dan bagus/baik bagian 2 di lain waktu.....

Maaf kalau nama pemain dan apparel sepatu tidak disebutkan, hehehe.....

0 komentar: