MITOS-MITOS OLAHRAGA

Banyak sekali mitos-mitos olahraga yang membuat orang-orang melakukan cara olahraga yang salah. Agar anda tidak menjadi korban dari mitos olahraga, maka sebaiknya anda pahami mitos-mitos ini :

Mitos 1 : Jangan makan sebelum olahraga

Fakta :

Saat berolahraga, anda membutuhkan banyak energi. Bila anda kekurangan energi, maka olahraga anda tidak maksimal. Energi itu berasal ari makanan, maka konsumsi makanan 90-120 menit sebelum anda berolahraga. Konsumsi makanan sehat seperti roti gandum, bubur gandum, buah-buahan, susu atau nasi. Harap diingat, makan secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

Mitos 2 : Otot akan menjadi lemak bila berhenti olahraga

Fakta :

Otot dan Lemak merupakan dua jaringan yang berbeda dan tidak meungkin berubah.Tetapi ukuran otot bisa menyusut semenara bila tidak dilatih, dan disaat bersaman lemak akan menutup jaringannya. Proses itu bukan saling menggantikan, tetapi dua proses yang berbeda dan terpisah satu sama lain.

Mitos 3 : Sit-Up bisa membentuk perut menjadi rata

Fakta :

Perut yang rata tidak hanya melalui Sit-Up, Sit-Up biasanya membentuk otot perut. Untuk membentuk perut yang rata, hanya melalui olahraga yang bisa membakar kalori lebih banyak seperti aerobik atau lari.

Mitos 4 : Sering Onani membuat lutut lemas (kopong)

Fakta :

Ini merupakan mitos yang paling banyak di anut oleh para pria. Onani tidak ada hubungannya dengan lutut. Itu hanya sugesti, bukan reality. Bahkan, sebelum bertanding dalam suatu olahraga, ada atlit yang melakukan onani sebelum bertanding agar tidak gugup dan lebih tenang, katanya.

Mitos 5 : Latihan beban membuat otot terlihat kekar

Fakta :

Latihan beban tidak selalu membuat otot menjadi lebih kekar. Jika dilakukan sesuai porsi yang tepat, latihan beban dapat membuat otot lebih fleksibel dan mencegah osteoporosis.

Mitos 6 : Latihan lebih lama membakar kalori lebih banyak

Fakta :

Waktu tidak menentukan banyaknya kalori yang terbakar. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari intensitas dan efektivitas latihan, atau gampangnya berat dari porsi latihan itu sendiri. Lebih baik anda berolahraga dalam waktu yang tidak sedikit namun juga tidak lama.

Mitos 7 : Nyeri saat olahraga itu biasa

Fakta :

Rasa nyeri atau sakit pada bagian tubuh anda merupakan pertanda bahwa ada yang cedera. Jika anda mengalaminya, berhentilah dahulu dan konsultasikan dengan pelatih anda atau anda beristirahat sejenak untuk mengurangi sakit. Cedera otot ringan biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan bisa menjadi lebih parah bila anda memaksakan diri untuk terus berlatih atau berolahraga.

Terserah anda bila anda percaya mitos-mitos tersebut, namun bila anda percaya, maka anda mengalami kerugian saat berolahraga. Semoga bermanfaat.

0 komentar: