OPERAN PENDEK (SHORT PASS)

Sepakbola itu permainan team. Dan operan bola yang menghubungkan para pemain itu. Anda memerlukan operan yang baik untuk melakukan gerakan menyerang, dan sebaliknya, operan-operan yang tidak tepat merupakan penyebab paling utama bagi gagalnya serangan.

Ada dua faktor utama dalam operan bola. Yang pertama agaknya cukup jelas, tetapi anak-anak muda selalu tidak menyadari kenyataan bahwa operan-operan bola itu tak selalu ditujukan kepada seorang pemain. Dalam sebuah situasi pertandingan, banyak operan bola yang ditujukan ke ruangan supaya dapat dikejar oleh kawan bermain, langsung ke kaki atau ke depan kawan bermain tersebut.

Bobot atau kekuatan operan bola itu sama penting dengan arahnya. Operan yang lemah akan dicegat, atau yang mungkin kurang baik, menghadapkan calon penerima pada kemungkinan 50-50% dengan lawannya, ini dinamakan 'bola rumah sakit (the hospital ball)'. Operan bola yang ditendang terlalu kuat akan sulit mengontrolnya bagi si penerima atau jika ditendang ke ruang yang kosong mungkin akan sulit diraih. Kita dapat mengatakan bahwa operan yang baik adalah operan yang tidak menimbulkan masalah bagi si penerima.

Operan dasar yaitu operan pendek (short pass), cara yang paling aman dan umum untuk memindahkan bola pada jarak-jarak yang relatif pendek. Setiap pemain menggunakannya dalam pertandingan, pemain tengah (midfielder) menggunakannya puluhan kali, bahkan bisa sampai ratusan dalam satu pertandingan.

Menarik juga untuk dikemukakan dan dipelajari, perbandingan antara permainan sepakbola mutu tinggi dengan mutu rendah menunjukkan bahwa pada permainan tingkat tinggi lebih banyak operan bola pendek dan di atas tanah. Makin baik standar permainannya, makin sering operan pendek ini digunakan. Contoh yang baik untuk kita lihat adalah Barcelona.

Seperti yang kita tahu, Barcelona seringkali memainkan operan-operan (passing) pendek dengan cepat dan akurat dengan beberapa kombinasi. Sehingga, saat ini Barcelona memiliki daya serang yang paling ampuh dan berbahaya dibandingkan team-team dunia lainnya. Tidak heran, pada tahun 2009 lalu, Barcelona sanggup meraih enam gelar/piala dalam satu musim. Hal yang sulit diraih oleh team-team dunia manapun, dan Barcelona sendiri merupakan team pertama dalam sejarah yang meraih enam gelar/piala dalam satu musim.

Melakukan operan pendek dengan tepat berkali-kali merupakan langkah penting dalam usaha menguasai operan bola ini. Prakteknya mungkin tidak begitu menggairahkan. Tetapi, jika anda beranggapan tidak memerlukannya, anda akan sering tidak mengenai sasaran dengan melakukan 20 operan pendek.

Dalam melakukan operan pendek, dasarnya harus konsentrasi, seimbang dan teknik. Anda akan melakukannya puluhan kali dalam satu pertandingan, dan tak ada yang mengharapkan operan jelek. Bagian dalam kaki memberikan ketepatan serta menyediakan bidang luas untuk menyentuh bola.




0 komentar: